jump to navigation

Perjalanan Seger: Jakarta-Bandung via Kereta Argo Parahyangan October 27, 2013

Posted by zainalarif in foto hari ini, indonesia, jalan jalan.
Tags: , , ,
add a comment

Bosen dengan kemacetan Jakarta, monotonnya Cipularang, jalan tol yang lempeng dan bikin ngantuk?

Cobain deh sekarang, sisihkan waktu dengan berangkat lebih awal, naik kereta. Coba transportasi alternatif ini. Berangkat dari Stasiun Gambir, tiba di Stasiun Bandung/Cimahi, ataupun sebaliknya.

Apa yang Anda dapat? Sisihan waktu Anda untuk lebih lama dalam perjalanan akan terbayar dengan suguhan pemandangan sepanjang perjalanan yang luar biasa dibanding tingginya gedung-gedung Jakarta. Pemandangan didominasi sawah-sawah dan hutan-hutan yang dibelah oleh rel kereta api.

Apa lagi yang istimewa? Pertama jalan yang berkelok-kelok, ini yang seru. Saya kira jalan-jalan kereta di jalur ini dibuat melalui lahan yang yang memaksa rel untuk berbelok sampai maksimal. Iya, kan jalan kereta biasanya lurus. Nah ini rel-nya belok semaksimal-maksimalnya pokoknya, sampai suara roda kereta gesekan ke dinding rel sampingnya bising banget. Ini juga yang bikin kepala kereta, rangkaian gerbong lainnya jika kita duduk di gerbong belakang. Atau buntut kereta jika kita duduk di gerbong depan. Jadi salah satu tipsnya adalah pilihlah gerbong paling depan ataupun paling belakang. Yang paling enak sih paling belakang biar searah sama laju kereta. Kalo ngga salah paling belakang itu gerbong kelas bisnis.

Hoho, nyepur yook..

Advertisements

Braga Festival 2013 October 3, 2013

Posted by zainalarif in foto hari ini, jalan jalan.
Tags: ,
1 comment so far

Pertama kalinya saya berkunjung ke Braga Festival. Festival untuk memeriahkan Jl. Braga yang pernah menjadi pusat mode, tempat gaulnya, orang-orang Hidia Belanda di masa Parijs Van Java. Jalan Braga bisa dibilang kota tua-nya Bandung. Braga Festival ini diadakan saat hari jadi kota Bandung.

This slideshow requires JavaScript.

Cukup unik ternyata braga festival. Area festival dibagi-bagi berdasarkan temanya. Ada area komunitas, pameran foto, seniman-seniman yang melukis/pertunjukan secara live, area komersil, kenangan, dll. Kebetulan saat itu di panggung utama sedang ada pertunjukan tari. Di panggung lain ada Live Jazz. Ada juga panggung Middle Age Community, hihihi, komunitas paruh baya yang nyanyiin lagu-lagu jadul dan dangdut tentunya. Ada juga dari komunitas fotografi, komunitas bersih-bersih.

Salah satu gerbangnya digelayuti banyak botol yang berisi air-air dari berbagai mata air di kota Bandung. Setiap botol ada pesannya dan darimana air itu berasal. Pesannya macam-macam.  | Air yang pernah menjadi energi Bandung, kini.. |Sumber Mata Air Cikapundung |

Ada pula zona memori. Memori perjuangan munir, juga artis-artis kota kembang. Nike Ardila: Seberkas Sinar.

-Kajeun Rudet Bandung Nu Aing-

Rute olahraga hari Minggu April 15, 2013

Posted by zainalarif in foto hari ini, indonesia, jalan jalan.
Tags: , ,
add a comment

Inilah rute standar olahraga Minggu saya di sekitar dago: 1.Sabuga Kan niatnya memang olahraga. Kalo ngga kesini dulu ngga mungkin olahraga. Yang ada malah jajan 😀 Kan memang ngga isa lari kalo selain di sini. Kalahkah pinuh kunu dagang hahaha.. Lari dulu lah minimal 6 keliling sama seperti tes lari saat TPB. 6 kali 400m jadi 2.4km. 2.CFD Dago

image

Nah ini dia cfd dago, sama sekali bukan tempat olahraga, tempat cuci mata! Hahaha. Ya, disini malah banyak orang2 yang dateng pake setelan maen hehe. Sepeda banyak. Yang jalan kaki juga banyak. Cuman udah mulai banyak yang dagang. Banyak komunitas2 yang beratraksi disini, memamerkan kemampuannya, ada bmx, dance, sepeda unik, keroncong, yang danus-danus cantik *eh 3. Kantin Salman Beuh, kurang lengkap kalo olahraga tanpa minum minum yang seger. Disini langganan saya, enak! (ada parameter murah di penilaian enak saya ;D). Ada jus sirsak, setoberi, jambu, susu murni, bubur kacang. Emang Bandung tuh sesuatuuu bgt..

Bayar pajak di samsat giant pasteur March 14, 2013

Posted by zainalarif in foto hari ini, Uncategorized.
Tags: , ,
9 comments
image

Jadwal buka samsat

Setelah dua tahun, baru nyoba lagi bayar pajak tahunan motor di samsat outlet. Dan ternyata sekarang bukanya hari Senin – Minggu alias tiap hari. Jam bukanya ada di gambar di atas. Memang top markotop nih pelayanan polisi di Bandung.

Seperti biasa antrian cepat, tidak sampai 10 menit udah kelar. Lokasinya ternyata pindah, asalnya dua tahun yang lalu bertempat di BTC bersebelahan dengan sim outlet, sekarang pindah ke Giant pasteur. Sim outlet tetap di BTC. Kalo tidak salah samsat ini sudah online se-jawa barat kok.

Hidup polisi, polwan makin cantik, polisinya makin kurus..

ZA

Tidak seharusnya mahasiswa mengamen March 9, 2013

Posted by zainalarif in insight.
Tags: , , ,
add a comment

Entah apa yang ada di pikiran pelajar ataupun mahasiswa di bandung yang mengamen di sekitar perempatan dago. Malam ini saya temui ada tiga kelompok anak muda sepertinya pelajar yang mengamen di situ. Dan saya yakin satu dari kelompok itu adalah mahasiswa mesin polban karena mereka memakai jaket jurusan. Modus mereka ada yang ngamen baik-baik bahakan maksa. ‘Seribu aja, seribu aja, seeribu ajaa’. Sambil mengerumuni mobil yang menunggu lampu merah.

Ya mereka mengamen atupun memaksa :p secara berkelompok. Saya thu mereka melakukannya berkelompok karena tidak berani alias malu kalo sendirian. Secaraaa, mereka memang berkecukupan unruk kebutuhan pribadinya dan memang berpendidikan, malunya muncul dari situ.

Dan sepertinya, saya tahu apa yang ada di pikran mereka saat ngamen (pernyataan pembuka di atas). Hahahaha, karena saya pernah melakukannya juga. Berkelompok dan berseragam. Walaupun bukan jaket ataupun jas almamater, tetap saja identitasnya ketahuan karena kami memang menjual itu untuk dapat belas kasih.

Uang gampang. Itu tujuan mereka. Dan memang gampang, kami pun mendapat uang cukup besar dari sekali mengamen.

Tetapi langkah kami mencari dana dengan mengamen segera diluruskan oleh dosen (baca: dimarahi, disemprot, dinasihati). Hohoho, jalan lain mencari dana pun akhirnya ditempuh dengan cara yang benar. Intinya sih berjualan baik barang maupun jasa bukan dengan mengemis di jalan seperti sebelumnya. Jualan donat ke orang tua dan anak sma yang lagi usm, jualan bunga di malam minggu, dan nyuciin mobil dosen.

Ini adalah pembelajaran bahwa, segala kegiatan yang dilakukan di kampus itu objeknya bukan hanya hasil kegiatan melainkan juga mahasiswa pelaksana kegiatan tersebut. Mahasiswa harus bisa mendapatkan softskill yang memang tidak diajarkan di kelas. Kejujuran, kepemimpinan, kerja sama, kerja keras, dll.

Apa jadinya kalo para calon pemimpin bangsa ini belajar untuk meminta-minta…

Kirab Budaya Cap Go Meh, Bandung March 3, 2013

Posted by zainalarif in foto hari ini, indonesia, insight, jalan jalan.
Tags: , , , , ,
add a comment

image

Tanggal 2 Maret 2013 kemarin, ada kirab budaya cap go meh sebagai puncak perayaan tahun baru imlek. Perayaan ini rutin diadakan setiap tahun dan selalu menjadi atraksi yang menarik untuk warga kota Bandung.

Kirab budayanya sendiri adalah pawai arak2an dari perkumpulan2 orang tionghoa. Saya juga tidak tahu secara pasti apakah tiap kelompok tersebut dari vihara yang berbeda2 atu apa. Tapi tiap kelompok membawa atraksi masing masing. Ada barongsai, tandu yang digotong beberapa orang, ada yang mendandani anaknya jadi mirip boboho, dan sebagainya. Rute arak-arakan dimulai dari vihara di jalan cibadak kemudian ke jalan pasir kaliki dan seterusnya hingga kembali lagi ke cibadak. Konon katanya panjang arak-arakan dapat mencapai 7km. Tentu jalanan bandung di sekitar daerah pecinan ini menjadi macet. Malah beberapa ruas jalan memang ditutup.

Yang bisa kita pelajari dari orang-orang tionghoa ini adalah keistiqomahan/ketekunan mereka mengerjakan sesuatu yang sudah mereka mulai. Bukan hanya berdagang, ya kalo melihat perayaan kali ini, mereka istiqomah memelihara budaya dan adat mereka. Coba pikir deh, emangnya berapa persen sih jumlah orang tionghoa dibandingkan orang sunda di Bandung? Dengan jumlahnya yang sedikit itu saja bisa melanggengkan budaya cap go meh di Bandung yang begitu meriah.

Ayeuna,  kamarana atuh adat sunda anu cenah kudu urang piara?

ZA

Ekspedisi Pameungpeuk,Garut June 27, 2010

Posted by zainalarif in Uncategorized.
Tags: , , , , , , , , ,
add a comment

Cerita di bawah ini ditulis di kaskus, buat diikutin di lomba adu pengalaman menarik. Tapi sayang  gagal, hahaha…

Perjalanan kali ini merupakan perjalanan ane yang ke-sekian kalinya bareng sama pren-pren lainnya dr kampus. Kebetulan di kampus lagi masa liburan akhir semester jadi anak-anak lagi pada semangat2nya untuk jalan-jalan. Perjalanan kali ini pake motor, start dari kampus (Tamansari, Bandung) menuju ke Pameungpeuk, Garut. Touring ini waktunya baru minggu kemaren tanggal 8-9 Juni 2010, jadi masih anget2 tahi ayam hihihihi

Ini saat nunggu keberangkatan, masih di depan kampus bukan udah nyampe di tujuan, bagus kan kampus ane haha.. . Niatnya sih mau berangkat jam 6 pagi biar nyampe disana masih siang tapi apa daya namanya juga (more…)