jump to navigation

Kirab Budaya Cap Go Meh, Bandung March 3, 2013

Posted by zainalarif in foto hari ini, indonesia, insight, jalan jalan.
Tags: , , , , ,
trackback

image

Tanggal 2 Maret 2013 kemarin, ada kirab budaya cap go meh sebagai puncak perayaan tahun baru imlek. Perayaan ini rutin diadakan setiap tahun dan selalu menjadi atraksi yang menarik untuk warga kota Bandung.

Kirab budayanya sendiri adalah pawai arak2an dari perkumpulan2 orang tionghoa. Saya juga tidak tahu secara pasti apakah tiap kelompok tersebut dari vihara yang berbeda2 atu apa. Tapi tiap kelompok membawa atraksi masing masing. Ada barongsai, tandu yang digotong beberapa orang, ada yang mendandani anaknya jadi mirip boboho, dan sebagainya. Rute arak-arakan dimulai dari vihara di jalan cibadak kemudian ke jalan pasir kaliki dan seterusnya hingga kembali lagi ke cibadak. Konon katanya panjang arak-arakan dapat mencapai 7km. Tentu jalanan bandung di sekitar daerah pecinan ini menjadi macet. Malah beberapa ruas jalan memang ditutup.

Yang bisa kita pelajari dari orang-orang tionghoa ini adalah keistiqomahan/ketekunan mereka mengerjakan sesuatu yang sudah mereka mulai. Bukan hanya berdagang, ya kalo melihat perayaan kali ini, mereka istiqomah memelihara budaya dan adat mereka. Coba pikir deh, emangnya berapa persen sih jumlah orang tionghoa dibandingkan orang sunda di Bandung? Dengan jumlahnya yang sedikit itu saja bisa melanggengkan budaya cap go meh di Bandung yang begitu meriah.

Ayeuna,  kamarana atuh adat sunda anu cenah kudu urang piara?

ZA

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: