jump to navigation

Bilang Susah, Tapi Belum Dicoba Sendiri December 17, 2013

Posted by zainalarif in Uncategorized.
Tags: , ,
trackback

Itu yang saya tangkep dari pengalaman bikin SIM, ngobrol-ngobrol sama yang sebelahan. Dia dari awal emang sudah niat pake calo. Sama aja katanya, nanti kalo ujian itu pasti ngulang, harga jatoh2nya jadi sama. “Belum lagi waktunya, kang. Ujian prakteknya susah, gak akan dilolos2in.” Cerita panjang lebar, ternyata dia cuman denger2 dari orang belum pernah sama sekali nyoba sendiri.

Beberapa proses kita bareng, sidik jari dan keterangan sehat. Pas ujian teori dia nyamperin. “Sugan teh moal ujian teori.” Kirain ngga akan ujian teori, ujarnya. Kata calo dia katanya, tetep harus ujian teori dulu sekarang mah soalnya pake komputer ujiannya. Entah dia lulus ato ngga, bilangnya sih lulus. Padahal soalnya susah minta ampun, saya aja mengulang sampe tiga kali.

Nah pas ujian praktek dia ngga terlihat ikut ujian. Sepertinya disitu calonya main. Saya pun ditanya pas mau disuruh ujian, “Ini dibawa bareng siapa?” “Maksudnya pak? Saya sendiri pak.” “Oh, silakan ngantri disana deket mobil.” Mungkin kalo bareng calo langsung diloloskan. Karena yang ikut ujiannya dikit, saya cuma nunggu seorang aja, sedangkan pas teori banyak banget.

Pikir saya sih, meskipun kita berkorban waktu dan tenaga, kita memupuk mental kita untuk selalu jujur dan berusaha sebaik mungkin. Bukan mengambil jalan pintas, mudah menyerah. Itu yang mahal. 

Ternyata ujiannya bener-bener susah, parkir mundurnya harus sekali jalan. Haha. Saya ngulang lagi minggu depan. Dan saya belum keluar biaya sepeser pun untuk administrasi SIM-nya. Baru biaya keterangan sehat dan sidik jari saja, bukan di pos pelayanan SIM.

ZA

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

