jump to navigation

Baca dulu UUD biar ngerti berita October 23, 2013

Posted by zainalarif in indonesia, insight.
trackback

Bingung baca berita? Apalagi tentang politik, ada DPR, MPR, KPK, BPK, MK, dan seterusnya? Sama.

Sekarang lagi hot-hotnya ada kasus suap di MK, eh bingung. Bukan bingung dengan kronologis kasusnya. Suka bingung dengan contohnya, seberapa penting posisi MK di pemerintahan. Fungsi MK. Dulu perasaan ga ada MK pas belajar di SD haha. Adanya DPR/MPR doang. MK sama MA bedanya apa? Hihihi..

Sekarang banyak generasi muda (atau setidaknya saya dan orang-orang sekitar saya), yang apatis terhadap politik. Mungkin karena saking bencinya mereka terhadap para pemimpin yang diberitakan media melakukan hal-hal negatif: korupsi, berantem, asusila, saling menjatuhkan, dll.

Kita tidak bisa mengubah orang lain, yang bisa kita ubah hanyalah diri sendiri. Begitu kata peribahasa. Jadi kalo benci orang itu, jangan berlebihan, jangan sampe benci terhadap pekerjaannya, sebagai politikus. Jangan berharap kalo kita acuh, diam saja, kita biarkan, semua akan baik dengan sendirinya. Lakukan apa yang bisa kita lakukan, Minimal belajar mengerti apa yang mereka lakukan. Kan mereka pemimpin kita. Jadi kita bisa mengawasi. Belajar lah politik, mengerti dasar-dasar sistem pemerintahan di Indonesia.

Jadi Apa itu MK (Mahkamah Konstitusi)? MK adalah lembaga yang berwenang menguji UU terhadap UUD, memutus sengketa kewenangan lembaga negara yang kewenangannya diberikan oleh UUD, memutus pembubaran partai politik, dan memutus perselisihan hasil pemilihan umum. Juga memberi putusan terhadap pendapat DPR (yang digunakan untuk pengajuan pemberhentian presiden) bahwa presiden melanggar hukum atau tidak mampu menjalankan tugasnya.

Anggota MK? Ada 9 hakim konstitusi  yang diajukan masingmasing tiga orang oleh Mahkamah Agung, tiga orang oleh Dewan Perwakilan Rakyat, dan tiga orang oleh Presiden.

Tuh kan lumayan ngerti sekarang posisi MK di pemerintahan. Jadi lebih ngerti kalo ada berita tentang MK. Darimana ini saya dapetin? Dan saya juga ngga menduganya. Ternyata semuanya ada di Undang-Undang Dasar 1945, tentu hasil amandemen. Ternyata hasil amandemen yang dulu rasanya ngejelimet itu berguna juga. Amandemen 1-4. Banyak banget.

Mungkin sudah 6 tahun berlalu sampai sekarang, baru membaca UUD lagi. Ternyata penting, untuk mengetahui sitem pemerintahan kita itu seperti apa. Namanya juga kitab suci untuk menjalankan negara, pasti penting banget kan.

Nah ini link ke UUD kita http://www.dpr.go.id/id/uu-dan-ruu/uud45 Baca deh biar kita tahu hak dan kewajiban warga negara, gimana cara pemerintahan Indonesia dijalanin. Banyak pemahaman yang baru dirasakan sekarang daripada dulu pas kita kecil.

Yok kita baca lagi UUD.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: