jump to navigation

Put First Thing First May 7, 2013

Posted by zainalarif in insight.
Tags:
trackback

Iya ini tulisan ttg opening di habit ke 3 nya 7 habit buat orang yang efektif katanya: Put Fist Thing First. Yang ditulis ya yang nempel aja pas bacanya. Jadi pasti ngga komprehensif.

Ngerjain sesuatu yang paling urgent duluan. Begitu lah kira2 terjemahan bebasnya. Habit ke 3 ini tentu ngga efektif kalo belum bisa dan ngerti 2 habit sebelumnya.

Habit pertama, kita harus sadar bahwa yang menentukan sesuatu urgent atau tidaknya adalah diri kita sendiri. Jangan menganggap sesuatu itu penting karena ingin dilihat orang lain, atu karena lagi in (populer). Kita harus sadar kita punya hak untuk berpendapat, tidak harus selalu mengikuti ataupun selalu menentang arus. Kita punya hak untuk memilih. Kita harus proaktif.

Habit ke 2 adalah mempunyai tujuan yang jelas. Begin with the end in the mind. Sesuatu itu bisa diketahui urgent atau tidaknya sesuai dengan hubungan dengan targetbyang telah kita buat. Baik itu target berupa value ataupun target waktu.

Nah abis ngerti keduanya baru kita bisa melakukan put first thing first. Ini lebih ke management. Yang paling membekas setelah baca ini adalah pengarang mengklaim bahwa management itu dengan otak kiri sedangkan leadership baru dengan otak kanan. Pengandaiannya, management itu penting sama seperti teknik mendaki tebing. Dan leadership adalah bagaimana memilih tebing yang benar untuk didaki. Keduanya penting untuk dimiliki, tidak ada yang lebih baik antara satu dengan yang lainnya.

Sekian.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: