jump to navigation

Gimana ya cara ngatasin pengemis? March 27, 2013

Posted by zainalarif in insight.
Tags: ,
trackback

Sekarang ini banyak pengemis ya. Memang sudah banyak yang jadi mata penceharian.

Kalau dilihat sebagai orang ketiga, pengamat, dari dinas sosial misalnya, memberi pengemis itu tidak baik karena ternyata makin banyak orang yang memberi jumlah pengemis pun bertambah. Menjadi peeusak keindaham kota dan sumber masalah sosial. Kalau dilihat dari sisi pengemis sendiri, mungkin banyak alasan mereka mengemis. Ah usaha sekarang susah. Ah ngemis dapetnya lebih banyak. Ah buktinya sekian lama ngemis dapet untung terus. Atau, saya memang cacat, tidak ada pekerjaan untuk sy. Mana pemerintah, saya tidak bisa bekerja, anak tidak bisa sekolah.

Kalo dilihat dari yang memberi: sy kasian liat mereka, toh sy ngasih tidak seberapa. Saya ikhlas ngasih. Terserah mau butuh boongan ato ngga, yang pemting niat sy sodaqoh, pasti dapet pahala. Sodaqoh kok pilih pilih, yg penting niatnya.

Menurut saya solusinya, keduanya harus diuntungkan. Dinas sosial plek melarang. Pengemis dan keturunannya diberdayakan. Dan yang paling penting adl edukasi para dermawan, jangan memberi lagi, silakan menderma lewat kotak. Agar penderma merasa puas, adakan laporan keuangan, dari kotak itu dapet berapa per bulan, dibelanjakan kemana, dibuat oleh lembaga amil. Gampang lah sekarang untuk edukasi, kerjasama aja sama alfamart dan indomart. Kan banyak receh yang keluar dr kasir yang jadi inceran para pengemis di pintu keluar. Hehehe.

Just random thoughts…

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: