jump to navigation

Sepeda pun naik di dalam bis dan kereta March 13, 2013

Posted by zainalarif in foto hari ini, indonesia, jalan jalan.
Tags: , , , , ,
trackback

Ini pengalaman saya aja dalam bersepeda. Untuk menuju destinasi yang jaraknya jauh dalam bersepeda, ini dia alternatif angkutan yang dapat digunakan:

1. Bis

image

Sepeda di balik jok belakang bis

Pertama adalah naik bis. Ada dua cara sebenarnya masukin sepeda ke dalam bis yaitu di bagasi dan di balik jok paling belakang. Keuntungan disimpan di bagasi adalah pasti tidak bayar, karena kadang-kadang kalo disimpan di balik jok seperti yang saya alami di foto diatas, sepeda itu dihitung sebagai satu penumpang😄. Sedangkan kekurangannya adalah kedua ban harus dilepas terlebih dahulu, sebetulnya ngga repot kalo naiknya dari terminal dan bagasinya tidak penuh. Kalo di bagasi ati-ati nyimpen baut quick-releasenya ya, soalnya pernah ada yang pengalaman kayak gitu katanya.
Btw, saya naik bis itu dari bandung ke cikarang, naik di pasir koja. Udah nyoba dimasukin bagasi tanpa dilepas rodanya dan ternyata ngga masuk, karena buru-buru dan dibelakang kosong jadi dinaikin lah ke belakang.

2. Kereta api ekonomi (KRD)

image

Nutupin satu pintu krd😐

Ini nih yang perjuangannya paling berat: naik KRD bawa sepeda. Kalo mau naik krd itu bisa, buktinya saya bisa. Tapi harus harus tahu pasti kapan jadwal keretanya kosong. Jangan seperti saya, saya kira hari sabtu sore krd dari cikarang ke senen itu bakal kosong, eh ternyata padat walaupun start dari cikarang masih bisa masuk. Lama kelamaan di stasiun berikutnya malah penuh, sepeda pun makin terdesak ke tengah gerbong karena banyak yang lalu lalang, termasuk pedagang asongan. Akhirnya saya mwmutuskan untuk berdiri di pinggir pintu saja, satu pinru kereta terhalang sepeda saya ahahahaha… Bahaya sebetulnya sih, karena sepeda ada dalam posisi berdiri dan harus dipegangin terus menerus. Nanti lagi harus mastiin dulu bener2 kosong deh. Malah pas perjalanan pulang dari stasiun cakung tidak bisa masuk KRD padahal sudah beli tiket T.T

3. Kereta listrik (KRL)

image

Menunggu krl tiba

Inilah opsi paling manusiawi dan sepedawi😀 untuk mengangkut sepeda ajarak jauh. Jam kosong kereta bisa diprediksi yaitu selain jam masuk dan pulang kantor. Masukin ke kereta juga enak karwna lantai kereta dan lantai peron-nya sejajar, tidak seperti krd yang harus gotong-gotong karena naik tangga. Malah ada temennya, ada juga yang naikin sepeda ke kereta yang sama. Kemudian masalah tiket, memang tidaka ada peraturannya sepeda harus beli tiket atau ngga. Petugasnya pun tidak menanyakan tiket untuk sepeda. Tetapi saya dengan kebesaran hati, hahaha, selalu membeli tiket untuk sepeda. Merasa tidak enak saja sudah mengambil tempat dan mengganggu kenyamanan pulak😉 Juga kalo disindir orang lain, jadi punya alasan bahwa saya beli tiket duaaa! Hahahaha.

Saya naik krl gara-gara yang tadi, dari cakung krd sangat penuh. Jadinya naik krl, tapi jalur krl hanya sampai bekasi. Dan sisanya: bekasi cikarang, harus digoweeeeees…..

Salam gowes,
ZA

Comments»

1. cinko - November 26, 2015

kalau skarang masih boleh ga naik krl bawa mtb

2. Mas Wahyu - November 8, 2016

keren broo… nice share…😀


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: