jump to navigation

Pedagang itu harus ramah March 4, 2013

Posted by zainalarif in Uncategorized.
Tags: , ,
trackback

Jadi kepikiran seperti itu gara gara kemaren beli barang di toko yang penjaganya jutek. Kalo semua orang ditanya apa pedagang itu harus ramah? Pasti jawabannya iya. Tapi pada kenyataannya masih banyak pedagang yang tidak mementingkan servis pada pelanggannya.

Jadi apa untungnya untuk pedagang kalo dia ramah? Pertama, kemungkinan besar pembeli itu bakal kembali lagi. Ini penting untuk yang menjual barang-barang cepat habis, untuk menjaring return customer. Kedua, semua orang sekarang bisa menjadi pengiklan yang efektif, bukan hanya mulut ke mulut, sekarang kan ada yang namanya social media. Juga bukan hanya iklan yang baik, rekomendasi buruk pun gampang sekali menyebar. Percaya deh, ngga rugi kalo selalu ramah ke customer.

Dalam  era berkembangnya online shopping saat ini, keramahan sangat penting terhadap customer selain detail produk yang ditawarkan. Fast respons, sabar jawab pertanyaan customer, kelihatannya kunci ts ts pedagang online ini. Customer yang datang pun melihat kepercayaan customer2 sebelumnya melalui testimoni mereka yang dikumpupkan ts (topic starter).

Jujur sih, keramahan pedagang ini lebih terasa justru dari orang-orang tionghoa. Senantiasa sabar dan tersenyum dan melayani pembeli. Jarang ada enci atau engko yang nipu2 pembeli. Pelayanan aftersalesnya pun biasanya ngga ribet.

Kamarana atuh pribumi? Ulah gengsi diajar ti si enci…

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: