jump to navigation

Hack your soul! February 28, 2013

Posted by zainalarif in insight.
Tags: , ,
trackback

Hack your soul! Artinya manipulasi jiwamu. Jiwa yang disini saya maksud adalah lebih ke semangat, emosi, perasaan dan lainnya yang berhubungan dengan hati.

Ternyata soul kita itu bisa kita hack loooo. Kalo meminjam istilah Steven Covey (pengarang 7 habit) *ceileh, gaya bener*, ini adalah habit pertama yaitu proaktif. Seorang manusia itu merdeka untuk memilih apa yang diyakininya, apa yang dirasakannya, apa tanggapan dia terhadap suatu hal, tanggapan dia terhadap cerita orang lain, bahkan tanggapan dia terhadap lingkungan sekitar.

Kadang-kadang ada orang yang suasana hatinya ditentukan oleh keadaan sekitarnya. Ada orang yang tidak semangat, ngantuk & malas, kalo hujan turun. Iya ngga? Apa itu pengamatan saya aja, mereka bilang lebih enak selimutan.

Kadang kadang ada juga orang yang gampang terpengaruh oleh orang lain. Mungkin saya juga masih termasuk orang itu, hehe. Tapi beneran, penilaian seseorang terhadap orang lain itu jangan terlalu dipercaya sepenuhnya, sisakan juga porsi lebih besar untuk penilaian dari diri anda sendiri. Penilaian orang lain itu belum tentu benar! Hehe ini akan membuat anda melihat sesuatu seobjektif mungkin.

Nah, salah satu tips untuk hack your soul yang saya terapkan adalah dengan aktifitas fisik. Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat itu benar. Inilah yang membuat saya jadi ketagihan olahraga. Saya bersepeda dua kali seminggu ke tempat kerja. Walaupun jaraknya lumayan jauh: 7,5km, cukup membuat pegal pegal, semangat utk menyongsong hari setelah olahraga itu sangat menggelora. Hahahaha *lebay.com

Aktifitas lain yang sedang saya usahakan untuk diistiqomahkan adalah berpuasa. Saya ingin punya empati terhadap orang-orang kurang beruntung. Menjadi person yang punya grass-root understanding *gaya pisan*. Dan hasilnya sekarang alhamdulillah saya tidak pernah sekalipun makan tanpa dihabiskan, saya selalu teringat rasa laparnya orang yang tidak berada. Saya pernah baca, di amerika itu, rata-rata separuh makanan yang dibeli penduduknya berakhir di tempat sampah. Alangkah borosnya kebiasaan tersebut, coba kalau diaumbangkan ke negara negara afrika misalnya. *ke rumah saya juga boleh :D*

Kalo suasana hati pas hujan misalnya, saya sering nge-hacknya dengan bernyanyi. Saya sangat suka dengan lagu Desember-nya Efek Rumah Kaca. Ada potongan lirik lagunya yang berbunyi: “Seperti pelangi setia menunggu hujan reda. Aku selalu suka sehabis hujan di bulan deseeembeeer~” Coba dengerin deh. Malah justru jadi semangat kalo lagi hujan, hehehe.

Saya nulis ini gara gara jadi semangat kembali setelah melakukan harlem shake, hahaha, iya harlem shake yang lagi naik daun itu.

Kita punya pilihan untuk menentukan suasana hati kita sendiri…

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: