jump to navigation

Hacker Bukan Cracker – Dapatkah Citra Hacker Yang Baik Dibangun?? August 1, 2010

Posted by zainalarif in komputer.
Tags: , , ,
trackback

Istilah hacker dan cracker mungkin sudah biasa didengar oleh orng banyak tetapi belum banyak orang yang tahu perbedaan antara keduanya. Pemakaiannya acapkali tumpang tindih satu sama lain. Hacker=cracker dan cracker pun sama dengan hacker. Jadi sebenarnya apa bedanya?

Kenapa orang2 sering menganggap keduanya sama karena memang keduanya punya kelebihan di bidang TI (teknologi informasi) atau gampangnya dua-duanya jago komputer (haha). Nah sekarang tinggal caranya menggunakan kemampuan itu. Cracker menggunakannya untuk ngebajak software, deface web orang, nyuri akun facebook, dll. Sedangkan hacker menggunakannya untuk kepentingan yang lebih baik seperti membantu orang, nyari lubang keamanan situs,…. (hihi bingung juga soalnya memang kerjaannya ngga ada bekasnya*). Intinya, keduanya jago IT dan cracker=orang jahat sedangkan hacker=orang baik.

Memang susah upaya untuk memperjelas perbedaan diantara keduanya. Baik itu tulisan di media massa ataupun bahasa kita sehari-hari semuanya mengorelasikan kata hack dengan hal yang negatif. Kemaren akun fesbuk gw dihack orang, atau Nama-nama partai di situs resmi KPU telah dihack. Seperti itu contohnya. Untuk istilah crack, kita hanya mendengarnya dari pengguna-pengguna software bajakan sebagai istilah suatu program yang mengaktivasi program yang akan dibajak. Hack dan crack keduanya merupakan hal yang jelek di masyarakat karena keduanya dianggap sama.

Menurut saya, agar dapat menanamkan pengaruh bahwa hacker itu baik dan yang jahat adalah cracker, keberadaan hacker yang baik harus dapat dibuktikan. Hacker harus mempunyai karya yang nyata yang dapat dirasakan manfaatnya oleh publik. (*Inilah yang jadi kesulitan saya di awal untuk menge-list kebaikan2 hacker, karena sebetulnya mana buktinya kalo mereka baik??) Sama seperti para cracker software yang membuat program yang mengaktivasi secra cuma-cuma aplikasi berbayar. Atau cracker yang mengubah konten web orang lain. Cracker-cracker tersebut biasanya membubuhkan nickname mereka di karya-karya ilegal mereka. Nah, kalau hacker juga punya sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain tentunya eksistensi mereka akan diakui oleh publik.

Adalah muslimhackers.net, situs komunitas terbuka yang mencoba membuktikan adanya hacker yang baik tersebut. Di dalamnya ada diskusi masalah IT melalui milis ataupum forum denagn disertai adanya larangan untuk topik dengan masalah ilegal dan merugikan orang lain. Ditambah lagi dengan topik tentang agama islam karena sesuai dengan namanya: muslimhackers.net. Semoga situs ini pun dapat melahirkan karya-karya yang nyata dan bermanfaat untuk orang lain.

Comments»

1. feoth (baca: arip) - August 11, 2010

mari perbaiki citra hacker

2. Sukasir - June 20, 2011

Zok, mari! Saya hacker akun FB yg suka menolong.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: