jump to navigation

Tidur, Masalah dan Penyelesaiannya (+ penjelasan eureup-eureup) July 17, 2010

Posted by zainalarif in Uncategorized.
Tags: , , , , , , , , , , ,
trackback

Tulisan ini akan berupa pertanyaan dan jawabannya. Penjawabnya seorang dokter ahli tidur (haha) di acara Healthy Life MetroTV.

Gangguan tidur itu bermacam-macam jenisnya yaitu kurang tidur, perubahan jam tidur, sulit tidur (insomnia), kebanyakan tidur, mengantuk berlebihan (hypersomnia) dan sebagainya.

T: Bagaimana mengatasi perubahan jam tidur karena mendapat shift kerja malam?
J: Sebelum kerja tidur terlebih dahulu kemudian setelah kerja tidur dilanjutkan. Saat melanjutkan tidur pada siang hari, kita hendaknya mematikan lampu ataupun memakai kacamata karena ada hormon yang hanya dapat diproduksi saat tidur dan dalam keadaan gelap.

T: Saya menjadi sulit tidur karena terganggu oleh kebisingan di lingkungan rumah (proyek). Solusinya bagaimana? Apakah boleh menggunakan obat tidur?
J: Walaupun diri kita sedang tidur, sebetulnya indera kita masih bekerja, menangkap keadaan di sekitar. Jadi saat tidur hendaknya kita mempersiapkan tempat untuk tidur. Lampu dimatikan, berbaring ditempat tidur,dst. Hindari tidur di tengah-tengah pekerjaan, ketiduran saat nonton TV, dsb. Tidur saat badan kita belum rileks itu tidak baik. Istilahnya lakukan ritual sebelum tidur, buat kondisi yang menyenangkan dan menenangkan sehingga kualitas tidur kita baik.
Cobalah memakai earphone saat tidur, buat kondisi yang membuat tidur anda senyenyak mungkin.
Anda bisa menggunakan obat tidur jika ada dalam pengawasan dokter. Konsultasikan keluhan anda kepada dokter sebelum memutuskan menggunakan obat tidur karena obat tidur mempunyai efek samping seperti menyebabkan kecanduan (bila konsumsi dihentikan kita menjadi sulit tidur).

T: Kalau saya bangun tidur saya merasa seperti sudah bangun tapi semua badan saya tidak bisa digerakkan seperti tertindih sesuatu. Kalau kata orang itu karena erep-erep, bagaiman penjelasannya?
J: Benar ada fenomena seperti itu dan itu tidak berhubungan dengan hal mistis samasekali seperti mitos yang dikatakan orang-orang. Sebenarnya itu adalah salah satu gangguan tidur karena kurang tidur dan tidur tidak nyenyak. Saat itu otak kita memang sudah bangun tetapi ada gangguan terhadap gelombang-gelombang perintah dari otak sehingga tidak sampai ke anggota tubuh kita sehingga seolah-olah badan masih tidur tidak bisa digerakkan.

Dokter bisa membantu anda yang mempunyai keluhan saat tidur tetapi dokter tidak dapat membantu anda yang tidak mempunyai waktu untuk tidur. Jadi disiplinlah terhadap jadwal tidur anda…

Comments»

1. guna1adi - August 26, 2010

zae….nanya lagi ngebuat blogroll gimana???skalian buat nambah temen gimana???

zainalarif - August 27, 2010

tinggal tambah listnya di menu link
terus di widget pastiin ada blogroll


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: