jump to navigation

Ubah Ukuran Gambar Sebelum Diunggah ke Web (Facebook, Picasa, WP, dll) June 13, 2010

Posted by zainalarif in komputer.
Tags: , , , , , , , , , , ,
trackback

Ada beberapa hal yang menjadi keuntungan kita ketika mengubah ukuran gambar yang akan diunggah (di-upload) ke web. Pertama, penghematan bandwith. Gambar dengan resolusi lebih kecil tentu saja memiliki ukuran file yang lebih kecil. Kedua, hal ini mempercepat waktu unggah. Besarnya file yang lebih kecil membuat waktu unggah menjadi lebih cepat dibandingkan dengan mengunggah foto langsung dari kamera digital. Sebetulnya, setelah kita mengunggah gambar dan masih terlalu besar, secara otomatis web tersebut memperkecil kembali gambar tersebut.

Pengecilan gambar juga bertujuan agar orang yang membuka web tidak menunggu lama akibat gambar yang besar. Orang-orang menyebutnya dengan bandwith killer. Untuk facebook, ukuran gambar maksimal adalah 720 piksel. Jadi panjang maksimum salah satu sisinya 720 piksel, sisi yang lain menyesuaikan.

Sekarang caranya, pengecilan gambar dapat dilakukan dengan manual/mengedit gambar dengan editor (paint, photoshop, gimp, dll) kemudian mengubah sizenya dan disimpan. Cara manual ini tidak efektif untuk jumlah file yang banyak. Kita harus menggunakan pengecil gambar yang otomatis/batch. Contohnya program picture manager (acdsee, picasa, dll) biasanya sudah ada fiturnya.

Cara yang saya rekomendasikan adalah dengan menggunakan add-onn dari microsoft-nya, setelah programdipasang, tinggal pilih banyak gambar, klik kanan > Resize Picture. Lalu tentukan ukurannya pada kotak yang muncul seperti di samping ini. Prosedur lengkapnya ada di sini. Ini liknnya:

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: