jump to navigation

Tetap Update dengan Facebook, Gmail, Milis/Group, dan Web Lainnnya via RSS June 12, 2010

Posted by zainalarif in komputer.
Tags: , , , , , , , , , , , , ,
trackback

Buat yang belum tahu apa itu RSS, berikut ini penjelasan dari chip.co.id:

RSS atau “Really Simple Syndication” adalah suatu teknologi web berbasiskan XML yang memungkinkan seseorang untuk mengambil berita atau artikel dari website pilihannya secara aktual. Dengan RSS, isi berita dari suatu website akan secara otomatis terupdate dan dihadirkan kepada Anda. Sejumlah kecil isi artikel yang dinamakan “Feeds” secara otomatis akan dikirimkan ke suatu aplikasi pembaca RSS atau RSS Reader. Feeds pada umumnya berupa headline, ringkasan, maupun preview dari suatu berita. Feeds juga menyediakan link dari halaman berita lengkap.

Ada juga yang bilang bahwa RSS kepanjangannya adalah Rich Site Summary. Kemudian aplikasi pembaca feed RSS ini sekarang sudah banyak terintegrasi pada browser-browser yang sering kita gunakan seperti Firefox dan Opera sehingga kita tidak perlu susah-susah untuk memasang aplikasi lain.

Pada Mozilla Firefox, cara untuk subscribe/langganan pada feed rss suatu web sangat mudah. Jika web tersebut mempunyai feed rss (misalnya blog ini) akan ada tanda seperti ini di address bar.

Untuk berlangganan tinggal klik saja icon tersebut (silakan dicoba) sehingga akan muncul kotak dialog untuk memilih tempat penyimpanannya, bisa di bookmarks toolbar atau bookmarks menu.

Jika disimpan pada bookmarks toolbar, tampilannya akan seperti ini:

Pada Opera, caranya sama saja seperti Firefox, di address bar akan ada juga ikon rss. Perbedaannya adalah tempat penyimpanan feeds tidak di bookmarks tetapi ada di menu Feeds>Read Feeds.

Seperti yang disebutkan pada judul tulisan ini, tidak hanya website-website berita/blog yang dapat kita baca feed-nya tetapi juga website-website sosial seperti facebook, milis/group bahkan email anda sendiri pun dapat anda ketahui update/perkembangannya melalui feed RSS tanpa harus membuka web-nya. Paragraf selanjutnya akan membahas satu-persatu web-web tersebut.

Untuk facebook, kita dapat mengikuti notification via RSS. Masuk ke Notification>See All Notification, di sebelah kanan ada Subscribe to Notificaton>Via RSS seperti gambar di samping.

Untuk Gmail saat kita ada di halaman inbox di address bar akan muncul ikon RSS, tinggal di-klik saja. Melalui RSS akan tampil setiap email yang baru masuk. Tetapi agar RSS tetap berjalan, kita harus memilih pilihan Stay signed in saat masuk ke gmail dan jangan pernah di-sign out. Tentunya jangan pernah melakukan ini di komputer umum/warnet. O ya, RSS email ini hanya ada di gmail untuk yahoo mail tidak bisa.

Untuk milis baik itu yahoogroups ataupun googlegroups dapat diambil RSS-nya meskipun kita bukan anggota milis tersebut. Pada halaman utama milis tersebut akan ada ikon RSS di adress bar.

Comments»

1. Urai Banjarsari,S.Pd - August 21, 2011

Salam kenal ,Artikel yang bermanfaat,terima kasih .


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: