jump to navigation

Toilet Kencing Otomatis, Penghematan atau Pembodohan? May 30, 2010

Posted by zainalarif in teknologi.
Tags: , , , , , , ,
trackback

Ini pengalaman saya tentang adanya toilet-toilet kencing otomatis yang sekarang banyak dipasang di mall-mall dan hotel besar. Sebelum berlanjut pada apa yang ada dipikiran saya, kita akan membahas dulu apa yang disebut dengan toilet otomatis tersebut. Barangkali ada yang belum tahu.

Gambar di samping merupakan salah satu contoh dari toilet otomatis atau auto-flush toilet. Pada pipa-pipa yang ada di atasnya, anda tidak akan menemukan satupun tombol untuk menyiramkan air. Toilet akan menyiramkan air secara otomatis. Hanya saja penyiraman dilakukan bukan saat kita sedang kencing & berdiri di depan toilet melainkan saat kita melangkah menjauhi toilet/selesai kencing.

Air tidak akan keluar kalau kita terus berdiri di depan toilet. Akibatnya apa?? Ya kita tidak punya air untuk cebok.

Nah, hal-hal sepele seperti inilah yang mungkin tidak kita perhatikan. Kita tidak membersihkan bekas urin dari kemaluan kita a.k.a cebok. Kebiasaan ini mungkin pengaruh dari negara-negara barat, sperti kutipan darii wikianswers berikut:

It depends on culture. Most white men dont do, but eg Malays and Indonesians do. When they flush the urinal they catch some water to clean their penis.

Mungkin dari segi kesehatan, akibat tidak cebok ini adalah masih tertinggalnya urin di ujung kemaluan, kemudian menmpel ke celana dalam dan seterusnya.

Tetapi dari segi agama islam, hal ini sangatlah fatal mengingat urin yang tertinggal dan menempel akan menjadi najis yang akan terbawa saat shalat. Akibatnya shalat yang dilakukan tidak sah karena kita membawa najis. Ibadah yang dilakukan menjadi sia-sia karena syarat kebersihannya tidak terpenuhi. Tentunya anda sebagai umat islam tidak menginginkan hal tersebut terjadi. Sebetulnya kencing sambil berdiri pun sudah bukan adab melakukan buang air kecil, sekarang ditambah lagi dengan tidak melakukan istinja setelahnya, Astaghfirullah.

Kesimpulannya adalah manfaat penghematan air dari auto-flush toilet ini tidak sebanding dengan akibat yang ditimbulkannya. Seharusnya perencana perencana pembangunan gedung berfikir kembali sebelum menggunakan toilet tersebut.

Kalau saya sih mending mengantri menggunakan toilet yang tertutup tempat BAB daripada menggunakan toilet otomatis. Terima kasih.

Comments»

1. mustofa - January 14, 2011

Kalau begitu kita harus tahu, apa maksud dan tujuan adanya toilet otomatis tersebut. Apakah anda tahu maksud dan tujuan si empunya? yang pasti irit air, menhilangkan bau / kotor. Kalau kita muslim ya tentu pikiran kita harus jalan dong. Jangan menyalahkan yang buat toilet. Saya kalau mau kencing tidak lupa bawa air minum kemasan secukupnya untuk mensucikan setelah kencing.Kita jangan mempersempit pikiran sendiri dong. Jika pakaian kita kejatuhan najis, tentu pakaian itu tdk kita pakai untuk sholat. Pakaian kita najis karena kena sisa kencing tanpa istinja, bukan akibat dari adanya toilet otomatis. Tapi kebodohan orang yang kencing itu. Astaghfirullah, anda jangan mengatakan itu semua akibat dari Toilet dong. Apakah anda kencing di toilet BAB tidak berdiri ? Kalau berdiri, apakah percikan air kencing tadi tidak ke mana-mana ? mustahil kalau tida. Rubah Cara berpikir ada.

zainalarif - January 15, 2011

Justru itu bang, sistem yang ada jangan sampai membuat orang-orang yang tidak tahu, bodoh, teledor, acuh terhadap tatacara shalat seperti saya menjadi dosa. Bagus kalo semua orang dapat berinisiatif membawa air kemasan saat kencing tetapi kenyataannya ngga seperti itu.

Syarifuddin Syaka - July 16, 2016

lompat aja ke sungai..klw bodoh

2. qq - September 15, 2011

hidup kere hore,,,

3. jakarta - May 5, 2012

kita harus berinisiatif membawa air minum kemasan untuk membersihkan sisa2 urin


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: