jump to navigation

Termometer Galileo (Thermoscope) February 24, 2010

Posted by zainalarif in teknologi.
Tags: ,
trackback

Termometer galileo (Galilean Thermometer) atau thermoscope merupakan termometer yang ditemukan oleh Galileo Galilei pada awal abad ke-16 . Termometer terbuat dari tabung gelas tertutup berisikan cairan. Di dalam cairan tersebut ada  beberapa gelembung-gelembung kaca. Pada gelembung tersebut digantungkan logam yang  massanya sedikit berbeda satu sama lain berbentuk seperti koin dengan ada angka-angka tempratur yang berbeda pada setiap koin. Pada gelembung itu juga diisi dengan cairan yang bermacam-macam sehingga massa jenis rata-rata dari tiap beban berbeda-beda.

BAGAIMANA CARA KERJANYA ?

Prinsip cara kerjanya adalah dengan perubahan massa jenis larutan yang diakibatkan oleh adanya perbedaan suhu. Misalnya air jika suhunya meningkat dari tempratur 4oC maka akan menurunkan massa jenis air tersebut.

Misalnya pada suhu tertentu air mempunyai massa jenis 1 kg/L dan beban dimasukkan pada air dengan massa jenis rata-rata beban sama dengan massa jenis air maka beban tersebut akan melayang . Tatapi apabila suhu air ini meningkat sedikit saja akan berakibat pada perubahan massa jenis misalkan 1.001kg/L maka beban dengan otomatis akan mengapung . Begitu juga sebaliknya, apabila massa jenis larutan turun sedikit saja beban akan tenggelam dengan sendirinya.

Untuk membacanya, kita perhatikan gelembungnya, apabila ada gelembung yang melayang sehingga terpisah dari gelembung yang lain, maka gelembung itulah yang menunjukkan suhu yang sedang diuukur. Contohnya seperti gambar paling kiri, ada gelembung yang melayang terpisah dari gelembung lain yaitu gelembung 76oF, maka suhu yang diuukur adalah 76oF.

Tetapi bila hanya terdapat gelembung yang mengapung dan tenggelam tidak ada gelembung yang melayang seperti gambar di sebelahnya, maka suhu yang diukur berada dalam kisaran 68oF-72oF atau dapat kita ambil rata-ratanya yaitu 70oF

GAMBAR BLOK DIAGRAM


Comments»

1. 2010 in review « Blog si Jae - January 3, 2011

[…] Termometer Galileo (Thermoscope) February 2010 […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: